Senin, 15 Agustus 2011

Sekilas Kampung Peradong


Kampung Peradong adalah salah satu desa bagian dari Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.


Kampung Peradong yang mempunyai dua dusun, yaitu dusun Menggarau dan dusun Rimba menempati wilayah seluas 40 Km² dengan batas wilayah di sebelah utara berbatasan dengan Desa Air Nyatoh, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Pengek, sebelah barat berbatasan dengan Laut Natuna dan sebelah timur berbatasan dengan Desa Berang dan Desa Ibul. Secara geografis terletak pada 105.00-106.00 Bujur Timur dan 01.00-02.00 Lintang Selatan dengan curah hujan rata-rata 100mm/bulan atau sekitar enam bulan jumlah bulan hujan (tergolong iklim tropis dan basah), dan suhu udaranya berkisar antara 23,5˚C sampai maksimum 31,1˚C. sebagian besar wilayahnya adalah daratan rendah sedangkan sebelah barat berupa pesisir pantai dan sebelah timur dan utara berupa bukit dan hutan tropis. Dengan orbitasi jarak tempuh ke Ibu Kota kecamatan sekitar 5 Km, jarak ke Ibu Kota Kabupaten sekitar 39 Km dan jarak tempuh ke Ibu Kota provinsi sekitar 105 Km. Desa Peradong tergolong wilayah pesisir, sungai kecil dan cadangan hutan yang luas, iklim dan curah hujan yang relative merata sepanjang tahun sangat menuntungkan bagi pertanian dan nelayan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kependudukan

Berdasarkan data dan letak kpendudukan, desa peradong merupakan bagian wilayah kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat dengan jumlah penduduk 1546 jiwa dari jumlah laki-laki 771 jiwa dan perempuan 775 jiwa yang terdiri dari 330 kepala keluarga (KK) dengan pertumbuhan penduduk rata-rata 2% pertahun (data tahun 2008 sampai awal 2009)..

Dilihat dari asal penduduk, sebagian besar (90%) merupakan penduduk asli keturun masyarakat desa Peradong (Melayu (Islam) dan Tionghoa (Cina), selebihnya sekitar 10% merupakan pendatang yang berasal dari luar daerah, seperti Sumatra dan Jawa.

Secara etnis penduduk asli desa Peradong dikelompokkan menjadi dua, yaitu; pertama, kelompok Melayu yang hidup menetap dan berintegrasi dengan penduduk sekitar, yaitu, Air Nyatoh, Pangek, Simpang Teritip, Berang, Ibul, Pelangas dan Simpang Gong. Kedua, kelompok Tionghoa (Cina) yang sebagian besar telah berpindah keluar daerah.

Tabel

Data etnis masyarakat Desa Peradong berdasarkan data Profil Desa tahun 2007


No

Etnis

Jumlah

Persentase (%)

1

2

Asli

Pendatang

Melayu

Tionghoa

Sumatra

Jawa

Bangka

1321

25

35

25

140

orang

orang

orang

orang

orang

85,44

1,61

2,3

1,61

9,05

Jumlah

1546

orang

100 %


Sumber: Arsip Desa Peradong



Agama dan Kepercayaan

Secara komunitas, penduduk desa Peradong beragama Islam (95%) dari jumlah penduduk 1546 jiwa, yaitu 1521 orang beragama Islam dan 25 orang beragama Budha. Jumlah rumah ibadah yang ada di desa Peradong terdiri dari:

· Masjid Sebanyak 2 Buah

· Mushalla Sebanyak 3 Buah

· Kelenteng Sebanyak 1 Buah (tidak difungsikan lagi)

1 komentar:

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلَوةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَـ شِعِينَ

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu.

Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat,

kecuali bagi orang-orang yang khusyu',

(Al-Baqarah: 45)