Jumat, 01 Januari 2010

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI SEDEKAH KAMPUNG DI DESA PERADONG KECAMATAN SIMPANG TERITIP KABUPATEN BANGKA BARAT


NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM

DALAM TRADISI SEDEKAH KAMPUNG
DI DESA PERADONG KECAMATAN SIMPANG TERITIP
KABUPATEN BANGKA BARAT

Oleh: Suryan
Jurusan Tarbiyah
Prodi Pendidikan Agama Islam
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Syaikh Abdurrahman Siddik
Bangka Belitung



Abstrak

Diambilnya permasalahan ini berdasarkan pertimbangan, bahwa saat ini semakin surut dan tenggelamnya tradisi-tradisi lokal yang banyak mengadung nilai-nilai pendidikan Islam akibat tradisi-tradisi modern yang serba instant. Untuk itulah, mutlak dibutuhkan usaha untuk menjaga dan melestarikan tradisi lokal tersebut yang ada di Bangka dan memberdayakan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalamnya. Dari apa yang dilakukan oleh masyarakat Peradong, setidaknya merupakan salah satu wujud upaya untuk menjaga dan melestarikan tradisi lokal tersebut, yang di dalamnya menggambarkan bahwa pendidikan, khususnya pendidikan Islam tidak mutlak diperoleh melalui lembaga formal saja.

Penelitian ini merupakan hasil kajian dan pengamatan terhadap nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi sedekah kampung di Desa Peradong kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat. Pengumpulan data utamanya dilakukan melalaui wawancara mendalam (indepth interview) terhadap narasumber dan informan, dan diperkuat dengan pengamatan terlibat (participant observation) serta melalui dokumentasi berupa arsip desa, foto-foto, dan lain sebagainya. Selanjutnya, data yang terkumpul kemudian diperbenturkan dengan teori-teori yang relevan agar didapat gambaran yang vulgar atas kondisi objektif di lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pendidikan Islam melalui tradisi sedekah kampung di Desa Peradong ternyata mampu menjadi salah satu solusi alternatif bagi pengembangan dan peningkatan pendidikan Islam, khusunya bagi anak-anak dan remaja.

Kata-kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Tradisi Sedekah Kampung, Kehidupan Beragama, Solusi Alternatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلَوةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَـ شِعِينَ

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu.

Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat,

kecuali bagi orang-orang yang khusyu',

(Al-Baqarah: 45)